Breaking Posts

6/trending/recent
Type Here to Get Search Results !

DITOLAK HINGGA KADERISASI, Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat (2019-2024)


Judul                         : DITOLAK HINGGA KADERISASI, Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat (2019-2024)

Penulis                     : Rahmat Tuanku Sulaiman – Armaidi Tanjung - Fadhlur Rahman Ahsas  

Penerbit                 : Penerbit  : Pustaka Artaz  

Anggota IKAPI    :   038/SB/2023

ISBN                           : 978-979-8833-00-0

Cetakan I                :  September 2024

Halaman                  :  xx  + 286  

Harga                        : Rp

 Jas Merah!”  Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Bangsa yang besar senantiasa menjunjung tinggi sejarah perjuangan para pendahulunya. Demikian Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno pernah berpesan.

Pesan tersebut tentu sangat penting bagi pengurus dan kader Gerakan Pemuda Ansor (selanjutnya Ansor)  di mana pun berada dan berkhidmat. Karena  konteks ke-Ansor-an, kita pun jangan melupakan sejarah Ansor yang  sudah  dilalui  para  pendahulu.  Tokoh-tokoh Ansor masa lalu tentu sudah mengemban amanah di dalam Ansor dan berkiprah sesuai dengan zamannya. Dari para pendahulu, kita melanjutkan perjuangan Ansor dalam berkhidmat di tengah masyarakat.

Kehadiran buku Penolakan Hingga Kaderisasi, Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat (2019-2024), patut diberikan apresiasi. Konon ini buku kedua terkait dengan aktifitas gerakan Ansor di Sumatera Barat.  Buku ini nantinya membuktikan pergerakan dan dinamika Ansor di ranah Minang sangat bergairah. Daerah ini tidak saja melahirkan salah seorang tokoh Proklamator Kemerdekaan RI tahun 1945 lalu, akan tetapi sudah banyak melahirkan kader Ansor melalui berbagai pelatihan dan pendidikan yang terstruktur di Ansor.

Organisasi kepemudaan berbasis agama merupakan asset bangsa Indonesia yang perlu terus didorong untuk hadir dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Organisasi kepemudaan tersebut merupakan wadah mempersiapkan pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia untuk masa depan.

Adalah Gerakan Pemuda Ansor, organisasi kepemudaan yang merupakan badan otonom dari Nahdlatul Ulama (NU). Sebagai badan otonom dari NU yang berdiri tahun 1934, tentunya Ansor memiliki peran ganda, yakni Ansor sebagai masa depan NU, sekaligus masa depan bangsa Indonesia. Karena itu, eksistensi Ansor sangat penting sehingga harus menjadi perhatian serius. Dengan perhatian yang serius, Ansor dapat digerakkan dan  berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Hoaks dan tudingan terhadap Ansor pun bertebaran di publik media sosial. Kelompok yang sejak lama sudah tak senang dengan eksistensi dan kegiatan Ansor mem-bully habis-habisan. Bahkan penolakan oleh kelompok tertentu di Minangkabau (Sumatera Barat).

Dalam rentang waktu 2019-2024, Ansor Sumatera Barat terus melakukan berbagai kegiatan seperti Pelatihan kepemimpinan Dasar (PKD), Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL), Kursus Banser Dasar, ziarah, diskusi,   berkomunikasi dengan berbagai pihak, baik kepala daerah, TNI, Polri dan tokoh masyarakat lainnnya. Semua itu adalah khidmat Ansor Sumatera Barat dalam gerakannya.

Penulisan buku ini merupakan langkah awal untuk merekam jejak rekam Ansor Sumatera Barat di rentang 2019-2024. Sehingga tidak ada pihak tertentu yang membelokkan peristiwa yang sesungguhnya.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.